Translate

Thursday, August 9, 2012

TIPS MUDAH MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI


Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) sebaiknya tidak dianggap remeh karena bisa menimbulkan komplikasi terutama untuk jantung. Tekanan darah yang tidak normal bisa membuat seseorang berisiko mengalami serangan jantung, stroke dan bahkan disfungsi ereksi.

Hal itu kadang tidak diketahui oleh orang tersebut, kecuali jika tekanan darahnya sangat tinggi. Seperti dikutip dari Menshealth, ada cara-cara yang menyenangkan dan mudah untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal, yaitu:

1. Mengonsumsi dark chocolate
Penelitian di Italia tahun 2008 menemukan orang yang mengonsumsi dark chocolate setiap hari selama 15 hari bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik (angka atas) sebesar 4,5 poin dan diastoliknya sebesar 4,2 poin. Tetapi pilihlan cokelat yang mengandung antioksidan dan 65 persen kakao.

2. Melakukan hubungan seks

Pria yang melakukan hubungan seks dua kali seminggu memiliki risiko 65 persen lebih rendah terkena serangan jantung, dibandingkan yang hanya sekali sebulan. Penelitian yang dilakukan oleh New England Research Institute, menunjukkan tekanan darah yang lebih rendah dan respons pembuluh darah yang lebih baik dalam keadaan stres pada mereka yang rajin melakukan seks.

3. Mendengarkan musik
Musik adalah media yang tepat untuk melebarkan arteri. Mendengarkan musik yang berirama homogen (beatnya stabil) selama 30 menit sehari dan dikombinasikan dengan latihan pernapasan dapat menurunkan tekanan darah sistolik. Musik yang tepat dapat menghilangkan cemas dan menghindari penyempitan pembuluh darah.

4. Tertawa
Menertawakan sesuatu yang lucu akan membuat pembuluh darah membesar sebesar 22 persen dan tindakan fisik dari tertawa akan membuat pembuluh darah meluas yang meningkatkan aliran darah serta mengurangi tekanan darah. Sebaiknya seseorang tertawa 15 menit sehari, bisa dengan membaca cerita atau menonton film lucu.

5. Mengukur tekanan darah di rumah
Mengukur tekanan darah secara teratur di rumah akan lebih baik dalam memprediksi risiko kardiovaskuler dibandingkan dengan di rumah sakit. Seseorang bisa memilih alat pengukur tekanan darah digital yang akurat, sehingga dapat mengetahui tekanan darahnya setiap kali ia butuhkan.

0 komentar: