Translate

Wednesday, May 30, 2012

TIPS MEMBEDAKAN GORENGAN DENGAN MINYAK GORENG YANG DCAMPURI PLASTIK DAN YANG TIDAK


Benda-benda berbahan dasar plastik ini dicelup terlebih dahulu dengan minyak panas hingga meleleh, baru kemudian menggoreng produk gorengan yang dijual. Dengan cara ini, gorengan yang dihasilkan bisa lebih renyah dan tahan lama. Menurut para penjualnya, gorengan mereka tambah laku semenjak mereka mulai menggoreng dengan plastik. Padahal kita tahu untuk menghasilkan sebuah gorengan yang renyah tidaklah sesulit dan sesusah yang dibayangkan. Coba baca Tips Membuat Gorengan Crispy dan Sehat.
Yang mencengangkan, menurut peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Ani Retno, gorengan berplastik yang dikonsumsi dalam waktu lama bisa memicu penyakit kanker.
Bukan maksudnya untuk menghakimi semua penjual gorengan, namun kita sebagai konsumen memang harus waspada pada penjual gorengan nakal tersebut.
Nah untuk mengenali gorengan mana yang digoreng secara natural dan gorengan mana yang menggunakan plastik, Lapar.com bakalan kasih kamu caranya:

Gorengan plastik mempunyai bercak-bercak putih yang terlihat seperti yang ada pada gambar kiri, sedangkan gorengan normal tidak ada.


Lihat kedua gambar diatas, yang kiri adalah gorengan yang digoreng dengan plastik dan yang kanan adalah gorengan yang normal. Keduanya bisa dikenali dengan melihat permukaan gorengannya. Gorengan plastik mempunyai bercak-bercak putih yang terlihat seperti yang ada pada gambar kiri, sedangkan gorengan normal tidak ada.
Cara lainnya adalah dengan mendiamkan gorengan hingga menjadi dingin. Gorengan yang menggunakan plastik akan tetap renyah dan kriuk walaupun sudah dingin, sedangkan gorengan yang normal akan menjadi lembek.
Selain itu lihat juga minyak yang digunakan oleh si tukang gorengan, apabila mengkilat dan ada indikasi mencurigakan segera tinggalkan dan cari tukang gorengan lainnya. Itu juga kalo masih nafsu pengen makan gorengan hehehe.

0 komentar: