Translate

Sunday, April 8, 2012

SOLUSI MENGATASI PIKIRAN YANG TIDAK JERNIH


Pikiran tidak jernih yang disebabkan oleh diri yang dikuasai emosi, kelelahan karena aktivitas berlebihan, asumsi yang keliru yang tertanam dalam pikiran. ada penyebab pasti ada solusianya. Berikut ini adalah solusi untuk mengatasi pikiran yang tidak jernih.

1.      Mengelola Keseimbangan Emosi
Emotional Quotient (EQ) adalah ukuran kecerdasan emosi. Semakin tinggi EQ seseorang, semakin stabil  orang tersebut.  Artinya kemampuan mengendalikan respons emosional akan berlangsung baik meski mengalami tekanan. Ada orang yang secara alami memiliki EQ tingi, namun rentan secara emosi. EQ bisa ditingkatkan dengan mengelola keseimbangan emosi. Sikap emosional dapat diantisipasi dengan mengelola kognitif atau nalar kita. Pikiran rasional meredam berbagai prasangka yang bisa melatih kesabaran dan penguasaan diri juga membuat kita mampu berpikir jernih dan bikjasana.

2.      Mengambil waktu istirahat yang cukup
Kita membutuhkan istirahat untuk memulihkan tenaga dan konsentrasi yang telah terkuras. Biasakan istirahat secara periodik dan gunakan waktu istirahat dengan baik. Untuk refreshing dan relaksasi agar pikirankita tetap jernih terjaga.

3.      Membangun pola pikir yang benar
Bersikap terbuka dan rasional membantu kita memiliki wawasan luas. Kita tidak mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang menyimpang dan keliru. Selain itu sikap optimis dan positif akan membentuk presepsi yang positif. Jika memiliki kepercayaan semu atau palsu, kita harus menyadarinya dan mulai merombak keyakinan yang salah itu. Salah satu cara membangu presepsi yang benar adalah dengan pernyataan diri. Buatlah pengakuan pada diri sendiri tentang hal-hal yang keliru, kemudian “timpa” dengan pernyataan kebenaran. Terapi ini akan membentuk image dan perspektif yang benar pula.

1 komentar:

Unknown said...

1986 Lincoln Mark Series AC Compressor
Good efforts. All the best for future posts. I have bookmarked you. Well done. I read and like this post. Thanks.