Translate

Thursday, April 5, 2012

MANDIRI, SIAPA TAKUT????

Kita sekarang hidup dizaman penuh dengan kemudahan. Penemuan dan teknologi terkini membuat peradaban manusia menjadi sangat maju dan memudahkan kita. Hal-hal itu sah-sah saja selama bisa memanfaatkan itu untuk hal-hal positif dan menciptakan kehidupan yang lebih baik. Sayangnya yang terjadi tidak seperti itu. Terkadang kita terlalu dimanjakan dengan kemudahan, sebab itu ketika hidup menuntut kita lebih keras kita tidak tahan, dan akhirnya kalah. Jika kita seperti, kita bukan generasi muda Kristus banget. Jadi bekal yang perlu dipersiapkan dari sekarang untuk meraih sukses dikemudian hari.
1.      Madiri dalam segala hal
Meskipun kamu anak orang kaya yang sudah terbiasa dibantu dengan berbagai macam fasilitas, putuskan mulai saat ini untuk belajar mandiri dalam melakukan segala sesuatu. Tidak ada salahnya kalau kamu merapikan dan membersihkan kamar sendiri, mempersiapkan makan sendiri, Mencuci baju sendiri. Melakukan hal-hal kecil secara mandiri untuk kamu tidak tergantung dengan orang lain sekaligus hal ini membuat kamu menghargai pekerjaan orang lain.
2.      Stop jadi anak manja
Segala fasilitas dan kemudahan yang diberikan orangtua tidak seharusnya membuatmu menjadi anak manja. Kamu harus sadar bahwa hidup ini tidak selamanya mudah. Ada waktunya kamu sadar kalau hidup ini tidak selamanya mudah. Ada waktunya kamu akan mengalami masa-masa perubahan dan merasakan kalau hidup ini keras dan penuh perjuangan. Dan itu pasti terjadi. Kalau kamu tidak mau melatih mental dam kepribadian kamu menjadi anak muda yang tangguh, besar kemungkinan, kamu akan kalah menghadapi kerasnya hidup.
Sebuah pepatah berkata “bila kita keras pada diri sendiri maka dunia akan terasa lunak dan sebaliknya jika kita lunak atau maja pada diri sendiri maka dunia luar disana akan terasa keras bagi kita”
3.      Hidup adalah perjuangan
Hidup adalah perjuangan, karena itu berjuanglah. Jangan pernah malas, santai-santai dan selalu mengharapkan kemudahan. Sebaliknya tempalah mental kita yang tangguh menghadapi segala macam badai kehidupan.
Seperti kisah hidup dalam film Laskar Pelangi, yang menceritakan perjuangan anak-anak sekolah didaerah yang tertinggal untuk menggapai masa depan. Inilah realita kehidupan.
4.      Melakukannya  sendiri
Tidak ada salahnya kalau kita minta tolog orang lain, tapi jangan kalau kamu hidup dengan terus-terusan minta tolong orang lain. Jangan seperti anak kuliah yang sudah kerja tapi masih mengandalkan orangtua. Jika kamu sudah jadi orang yang bisanya mengandalkan orangtua, kamu tidak akan pernah bisa mandiri. Cara mudah supaya kamu tidak tergantung orangtua yaitu dengan Do It Yourself. Kalau tidak benar-benar terpaksa, coba selesaikan segala sesuatunya sendiri. Kalau bisa melakukan sendiri buat apa mesti buat repot orang lain.
5.      Percaya diri sendiri bisa
Kamu tidak bisa Do It Yourself jika kamu sendiri tidak percaya kalau kamu dapat melakukannya. Berrani mencoba berarti berani gagal sekaligus berani berhasil. Semua punya konsenkuensinya sendiri. Begtu juga berhasil punya konsenkuensinya sendiri. Jangan sampai kamu tinggalkan dan melupakan Tuhan. Dia yang bisa merendahkan dan yang bisa meninggikan orang dan Tuhan yang bisa memberi kamu kekuatan.

Apakah sekarang kamu masih takut hidup jadi anak yang mandiri, tidak selalu mengandalkan orang lain terutama orangtua... jangan pernah takut mencoba jika kamu ingin tau apa usahmu berhasil atau tidak. Jangan mengutamakan gengsi dan jangan mengutamakan orangtuamu yang mampu mencukupi semua kemauanmu. Jadi, selamat mencoba menjadi anak yang mampu dan berhasil hidup mandiri. Tuhan memberkatiJ

0 komentar: