Translate

Sunday, March 25, 2012

TIPS MENGATUR UANG UNTUK ANAK KOS


 Hidup madiri sendirian dengan cara ngekos atau mengontrak dengan teman-teman, dibutuhkan seni tersenriri, terutama dalam mengatur keuangan. Karena kalau semasih hidup bareng orangtua dan belum bekerja, kita tidak perlu khawatir soal uang jajan. Tapi disaat hidup sendirian harus benar-benar cerdas mengatur keuangan supaya tidak semuanya berjalan dengan baik. Nah inilah cara mengatur keuangn untuk hidup mandiri di Luar kota.
1.      Prioritas, kebutuhan atau keinginan?
Salah satu hal penting untuk belanja kebutuhan bulanan adalah bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Karena kebutuhan dan keinginan sama-sama membutuhkan biaya dan harus tahu mana yang harus didahulukan dan manayang dikesampingkan untuk dibeli,supaya kantong tidak bolong sebelum masanya

2.      Menabung
Menabung sangat sulit dilakukan untuk anak kos. Tapi kamu perlu tahu bahwa menabung tidak dari sisa melainkan sudah di prepare sejak awal menerima uang. Karena kalau menunggu uang sisa, pasti kamu tidak akan pernah nabung, karna uangnya habis melulu. Menabung juga tidak selalu diartikan disimpan mlainkan bisa diratikan sebagai investasi kamu untuk perkembangan hidup kamu lebih baik selanjutnya.

3.      Planning
Planning tidak hanya dalam bayangan saja. Planning harus jelas-jelas dipikirkan sebelum uang yang kita pegang itu keluar kemana-mana. Biasaan dengan membuat catatan karena kalau hanya dalam angan-angan kamu pasti sulit untuk mengontrol dan menghitung dengan benar anggaranmu sendiri dan yang terpenting disiplin dengan planning tersebut.

4.      Tidak hanya pengeluaran
Mengatur keuangan jangan terbata dengan pengeluaran dan kiriman dari orangtua yang sedikit, yang membuat kamu tidak punya banyak pilihan lain. Kalau memang besar pasak daripada tiang, maka kamu harus cari tambahan pemasukanmu. Dengan cari pekerjaan part time untuk tambahan pemasukanmu. Dan ingat jangan utang. Karena utang sama sekali bukan pemasukan melainkan pengeluaran.

Inilah tips yang bisa aku bagikan untuk mengatur keuangan jika kamu hidup sendiri dengan cara kost atau kontrak. Tuhan memberkatia J

0 komentar: