Translate

Sunday, March 25, 2012

TIPS BAGI ORANGTUA MENDAPINGI ANAKNYA YANG SUKA INTERNETAN



Dizaman yang modern, serba maju terutama teknologi, kita harus cermat dan mampu memilah-milah mana yang baik untuk kita dan yang tidak. Sebagai orangtua yang memiliki anak-anak yang hobby berinternet, haruslah pintar-pintar mendampingi dan memberi pengertian yang benar kepada anak dalam memanfaatkan kemudahan teknologi yang ada. Berikut ini adalah cara bagi orangtua dalam mendapingi putra-putrinyanya :

1.Mengetahui privasi dijejaring sosial.
Dengan mengetahui pengaturan privasi yang tepat orangtua mampu mencegah orang-orang yang tanpa dikenal mengakses data anaknya.

2.Memberi pemahaman tidak semua foto dapat di Upload.
Anak boleh saja eksis, tapi harus ada batasanya. Karena foto dan video sudah terpasang dimedia sudah tidak bisa ditarik kembali, karena kalaupun sudah dihaus, tidak menjaim orang tidak mengcopynya. Maka hendaknya mengupload foto yang sewajarnya saja.

3.Meminta anak untuk tidak mencantumkan identitasnya secara lengkap
Identisa tersebut seperti: alamat rumah, nomor telepon, tanggal lahir, nama, dll.Hal tersebut dilakukan untuk mengihndari pnyalahgunaan identitas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

4.Mengingatkan anak untuk tidak selalu mengupdate status atau tweet tentang keberadaan mereka.
Hal tersebut untuk menghindari orang lain mengetahui keberadaan dan kebiasaan anak-anaknya. Yang bisa disalahgunakan.

5.Mengingatkan anak untuk selalu ganti password secara berkala.
Mengganti password secara berkala untuk menghindari orang lain yang bisa menebak password tersebut dan membuka lalu disalahgunakannya. Dan hidari password dengan nomor telepon, namasekolah, nama sendiri, tanggal lahir, dll.

6.Mengingatkan anak supaya tidak sembarang mengeadd teman secara sembarangan.
Supaya sang anak dalam menambah teman adalah benar-benar teman yang nyata yang dikenalnya sehari-hari, bukan hanya teman chatting atau internetan yang tidak jelas.

7.Mengingatkan anak untuk tidak sembarangan bertransaksi online dengan kartu kredit.
Karena sangatlah berbahaya jika melakukan shopping dengan koneksi wifi gratis dan tanpa batas juga jaminan keamana data. Saat ini banyak pengguna FB yang memakai jejaring ini untuk jualan barang dan jasa.

Inilah tips yang bisa dibagikan smoga bermanfaat. Tuhan memberkati 

0 komentar: