Translate

Sunday, March 25, 2012

TIPS BELAJAR EFEKTIF


1.      Bertanggung Jawab dirimu sendiri
Ingatlah bahwa suatu saat nanti kita pasti akan mempertanggungjawabkannya kepada Tuhan. Maka tanamkanlah rasa tanggung jawab sebagai seorang pelajar atau mahasiswa. Tanggung jawab merupakan suatu tolak ukur sederhana didalam menentukan sendiri suatu prioritas yang ingin kamu capai.

2.      Mengulang  kembali pelajaran yang telah didapat disekolah
Ulangllah kembali pelajaran yang sudah kamu dapatkan didalam kelas dengan membaca ulang catatan yang sudah dipelajari dikelas. Setelah dibaca maka buatlah kesimpulan sendiri dari semua yang sudah dipelajari supaya dapat dengan mudah dipahami dan diingat.

3.      Ketik ulang catatan pelajaran didalam komputer
Dengan mengetik ulang catatan yang sudah kamu pelajari itu sama artinya dengan membaca ulang pelajaran yang baru kamu pelajari dari sekolah. Dengan seperti itu akan mempermudah kamu untuk lebih dalam memahami dan mengingat pelajaran tersebut.

4.      Percaya diri dan memiliki kesungguhan dalam mencapai prestasi
Percayalah bahwa Tuhan akan memberikan hasil yang terbaik selama kita mau bersungguh-sungguh dalam mencapai prestasi. Maka tentukan pilihan yang tepat dan jangan biarkan teman atau orang lain mendikte apa yang penting.

5.      Membuat skala prioritas
Pelajari dahulu prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan sampai prioritas itu belum kamu pikirkan apa yang akan kamu lakukan untuk memwujudkan.

6.      Bersaing
Tanamkanlah pada dirimu sendiri bahwa kamu harus memiliki prestasi yang lebih baik dari orang lain dan kamu mampu melakukannya. Persaingan merupakan hukum alam. Maka jadikan persaingan sebagai energi untuk bersaing.

7.      Beri tantangan dirimu sendiri secara berkesinambungan
Tanamkanlah pada dirimu sendiri bahwa prestasimu hari ini harus lebih baik dari kemarin dan prestasi besok harus lebih baik dari hari ini. Dengan begitu kamu akan terus ditantang untuk selalu lebih baik.

Itulah sedikit tips yang dibagikan untuk kemajuan kamu dalam belajar. Semoga bermanfaat dan smangat jangan pernah menyerah untuk terus mencoba yang baru. Tuhan memberkatimu J

0 komentar: