Translate

Sunday, February 5, 2012

CHAD HURLEY


Youtube
Chad Meredith Hurley lahir di Birdsboro, Pennsylvania, Amerika Serikat, 1976. Chad adalah putra kedua dari Don dan Joann Hurley. Chad punya seorang kakak bernama Heathe, dan seorang adik bernama Brent. Sejak kanak-kanak Chad sudah tertarik dengan dunia seni. Saat masuk usia menengah ke atas, Chad menyukai dunia komputer dan media elektronik lainnya.  Tahun 1995 Chad lulus dari Twin Valley High School Elverson, dan menerima gelar sarjana seni dari Indiana University, Pennsylvania tahun 1999. Setelah lulus Chad melamar pekerjaan di perusahaan PayPal dan di terima bekerja.dalam pekerjaannya Chad berhasil merancang logo perusahaan tempatnya bekerja, sampai akhirnya Chad bertemu dengan Steve Chen dan Jawed Karim, 2 orang teknisi PayPal. Hubungan akrab yang terjalin antara mereka bertiga membuat mereka sering berkumpul dan berdiskusi di sela-sela aktivitas mereka. Mereka bertiga sering berdiskusi mengenai berbagai masalah terutama masalah peluang bisnis. Tahun 2002, saat perusahaan eBay membeli PayPal dengan harga 1,54 miliar $ AS, yang membuat Chad mendapat bonus dari penjualan tersebut yang digunakannya mengembangkan bisnisnya sendiri, yang saat itu beberapa sumber menyebutkan  Chad punya koneksi dengan Roelof  Botha (salah satu petinggi PayPal) yang menyukseskan rencana Chad. Bersama Steve Chen dan Jawad Karim, Chad mendirikan Youtube, Januari 2005. Awalnya Youtube berfungsi untuk berbagai video makan malam bersama kawan-kawanChad di Fransisco, tiba-tiba saja Youtube menjadi sangat terkenal di dunia maya, puluhan ribu orang setiap hari meng-upload video di situs tersebut. Youtube telah memberi banyak kesempatan kepada para pengguna untuk mengomentari setiap video yang disajikan di situs tersebut. Yotube semakin memanjakan penggunanya dengan dapat meng-upload, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. video-video yang saat awal berdirinya Youtube adalah musik, film, dan rekaman pribadi para penggunanya, namun belakangan ini Youtube menyediakan video seperti olahraga, ilmu pengetahuan, dan rekaman video kuno.
9 Oktober 2006 Youtube dibeli Google Inc dengan harga 1,65 miliar $ AS. Karena penjualan tersebut Chad, Chen, dan Karim masuk dalam lingkaran perusahaan raksasa pernama Google Inc. Chad menerima saham Youtube di Google sebanyak 694.087 lembar atau sekitar 470 juta $ AS, Steve Chen sebanyak 625.366 lembar atau sekitar 326 juta $ AS dan Jawed Karim sebanyak 137.443 lembar atau sekitar 64 juta $ AS. Sukses Youtube juga sempat mendapat halangan dari beberapa negara yang sempat memblokir Youtube seperti :
·       Arab Saudi
Fasilitas halaman Yotube mengenai penginformasian usia para pengguna sengaja di hilangkan, karena untuk mengantisipasi  masyarakat Arab Saudi melihat file video yang dinyatakan untuk orang dewasa.
·      Armenia
Youtube diblokir pada 2 Maret 2008 untuk mencegah munculnya kerusuhan akibat kerusuhan pada pemilu presiden, dan satu-satunya akses informasi yang dapat digunakan secara resmi hanya melalui media resmi pemerintah, bukan lewat internet.
·      Brasil
Yotube di blokir pada 6 Januari 2007 sebagai jawaban atas penanyangan video tersembunyi artis- artis Brasil bernama Daniela Cicarelli .
·      Iran
Yotube diblokir tahun 2006 karena Youtube menyebarkan ponografi dan untuk menghentikan suara oposisi yang menentang pemerintah.
·      Indonesia
Youtube diblokir karena adanya penanyangan film berjudul “Fitnah” yang dianggap sangat mendiskreditkan umat Islam di Tanah Air.
·      Maroko
Youtube diblokir pada 25 Mei 2007 dimana Youtube saat itu menayangkan video yang mengritik Raja Mohammed VI.
·      Thailand
Youtube diblokir pada 8 Maret 2007 karena telah menayangkan video pidato mantan PM Thaksin Shinawarta di CNN sebagai buronan.
Terlepas dari pemblokiran yang dilakukan oleh beberapa negara Youtube tetaplah sebagai situs berbagi video yang banyak dikunjungi pengguna Internet yang membuat Chad Hurley semakin terkenal. Tidak hanya tekenal saja Chad Hurley semakin kaya dengan saham yang aktif. Jumlah total kekayaan yang dimiliki Chad sekitar 300 juta $ AS atau sekitar Rp.3 trilliun.

0 komentar: