Translate

Saturday, August 27, 2011

TIPS MEMENEJ DIRI

Kamu pernah merasa pekerjaan kamu tidak pernah habis-habisnya, belum selesai satu pekerjaan sudah ada pekerjaan lainnya yang kamu  kerjakan dan itu bukti kamu tidak bisa memenej diri dengan baik. Nah, supaya kamu bisa merencanakan, mengerjakan, dan menuntaskan pekerjaan atau tugasmu, kamu harus bisa memenej dirimu bukan orang lain, apalagi diatur oleh keadaanmu. Jangan sampai jadi korban bulan-bulanan akibat tidak bisa memenej diri kamu. Kunci bisa atau tidaknya menyelesaikan pekerjaanmu adalah memenej diri yang baik.
Berikut tips memenej diri yang baik supaya tidak asal-asalan bekerja.
1.    Gunakan sebagian waktumu untuk berfikir tentang pekerjaan dan tugas kamu, dan buatlah rencana yang akan kamu kerjakan. Dilakukan pada saat jam tidak sibuk dan tenang.

2.    Tentukan target-target yang ingin kamu capai sekaligus deadline pelaksanaanya. Tujuannya untuk memacu dan mendorong untuk mewujudkan terget itu sesuai deadlinenya.

3.    Siapkan jadwal harian.susun tugas sesuai dengan skala prioritas kamu.

4.    Buat jadwal harian disertai dengan waktu untuk sesuatu yang tidak terduga.hal itu membuat kamu bersikap elastis ketika ada kepentingan mendadak.

5.    Ungkapkan apapun yang bisa kamu ungkapkan dan harus tau waktu dan benar-benar menjaga untuk tidak menyia-nyiakan waktu.

6.    Hindari kegiatan-kegiatan yang tidak berguna. Hal itu akan  menimbulkan kekacauan pada dirimu sendiri.

7.    Katakan “tidak” terhadap permintaan orang lain yang mengganggu pekerjaan penting terutama jika permintaan itu tidak terjadwal.

8.    Selesaikanlah tugas-tugas dan pekerjaan yang sulit dan mengganggumu tanpa menundanya.

9.    Jangan terlalu memeras tenaga berlebihan.

10.               Bergeraklah sesuai dengan jadwal kerja dan tidak membiarkan keadaan mengatur diri kamu.

Itulah tips memenej diri dengan baik dan benar, semoga berguna buat kamu. :-)

0 komentar: