Translate

Saturday, August 27, 2011

MENGATUR WAKTU YANG EFEKTIF

Waktu adalah kekayaan yang paling berharga, jika tidak bida mengatur waktu dengan baik, maka tidak bisa mengatur yang lainnya juga.
24 jam, adalah  waktu yang diberikan untuk setiap orang menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam rentang waktu ini orang bisa menyelesaikan 24 pekerjaan, 23 pekerjaan, 22 pekerjaan, 10 pekerjaan, 5 pekerjaan, dan 1 pekerjaan, dan juga ada yang tidak melakukan pekerjaan apapun. Kunci dari semuanya itu adalah cara pengaturan waktu yang efektif. Berikut ini tips mengatur waktu secara efektif.
1.    Tentukan Bidang Pekerjaan atau Aktivitas Yang Kamu Geluti.
Langkah awal mengatur waktu secara efektif dimulai dari pernyataan yang sangat sederhana yaitu bidang apa yang akan kamu geluti?.
Batasan dalam bidang yang kamu geluti dapat menentukan bidang-bidang pekerjaan atau aktivitas yang kamu lakukan dan membuatmu rela mengorbankan waktu, dan setiap orang berbeda dalam bidang yang dipilihnya.

2.    Tentukan Tujuan dan Target Kamu dari Setiap Pekerjaan atau Aktifitas yang Kamu Geluti.
Jika sudah menentukan bidang yang ingin di lakukan maka harus memiliki target yang ingin dicapai. Menempuh jalan tertentu dan memanfaatkan segala kemampuan yang kamu miliki dan memilih  cara tepat untuk dapat memwujudkan target kamu itu.

3.    Tentukan Aktivitas-Aiktivitas dan Metode-Metode yang Harus Kamu Gunakan Untuk Mewujudkan Target Kamu.
Pemenuhan sarana dan prasarana serta kegiatan yang dapat mengantarkan kamu pada targetmu itu sangat penting. Jadi jangan lupakan hal ini.
4.    Alokasikan Waktu yang cukup untuk setiap aktivitas yang kamu lakukan.
Alokasi waktu yang cukup untuk kegiatan kamu perlu kamu lakukan, karna itu sebagai pedoman dalam mencapai target kamu. Setelah itu tandailah kegiatan kamu sesuai dengan waktu yang telah kamu tentukan.

5.    Hitunglah waktu yang tersedia bagi kamu.
Cara menghitung waktu adalah waktu yang tersedia sama dengan jumlah jam dalam sehari (24jam) dikurangi waktu yang tidak bisa dikendalikan (untuk hal-hal prinsipil) dikurangi untuk hal-hal yang tidak terduga (waktu kondisional) dikurangi waktu transisi antara kegiatan satu dengan yang lain.
Misalnya : 24 – (13sampai16)-6-1= 1 sampai 4 jam waktu yang tersedia.

6.    Bandingkan antara waktu yang tersedia dengan waktu yang di butuhkan untuk aktivitas kamu.
Membandingkan waktu yang ada dengan waktu untuk beraktivitas juga penting dan disertai kesadaran bahwa kegiatan-kegiatan kamu.
Dengan langkah itu kamu akan menemukan dunia nyata. Kamu akan dapat berbenturan langsung dengan realitas, sebagai ganti keterlelapan kamu dalam berbagai macam idealisme tanpa melakukan satu kegiatanpun.

7.    Evaluasi segala aktivitas yang telah kamu lakukan dan tertibkan berdasarkan skala prioritas sesuai dengan waktu yang ada.
Tujuan langkah ini adalah untuk menyesuaikan antara waktu yang tersedia dengan target dan kegiatan yang akan kamu laksanakan. Evaluasi yang dilakukan dengan cara melihat kembali target-target yang kamu tanamkan dan berusaha kamu kerjakan dengan tingkat urgensinya. Evaluasi dapat kamu hentikan ketika waktu yang ada diperkirakan  sudah seimbang dengan jumlah target dan kegiatan yang telah kamu.

8.    Siapkan waktu untuk merapikan jadwal kegiatan kamu.
Waktu utama  yang dipilih oleh setiap orang berbeda. Ada yang memilih pagi hari sebagai waktu utamanya, ada juga yang memilih malam hari sebagai waktu utamanya.
Itulah tips yang bisa dipraktekan untuk mengatur waktu secara efektif dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

0 komentar: