Translate

Saturday, August 27, 2011

MENGENALI TEMAN YANG BAIK



Teman ternyata memiliki arti penting. Teman yang baik menyanyangi kita di dunia dan di akhirat. Teman akan memberikan dampak yang positif dan negatif terhadap diri kita. Jangan sampai bersahabat dengan orang yang tidak berbudi dan bermoral, karna perilaku buruknya akan menular pada diri kita lambat lamanya.
Berikut ini cara mengenali teman yang baik. Seperti tulis nama-nama teman kamu satu persatu masukan ke dalam tingkatan berikut dan kamu dapat membedakan mana teman yang hanya sebatas ngobrol, teman untuk menemani kamu pergi, teman belajar, dan teman yang dapat dijadikan tempat curhat kamu, bahkan teman dalam segala keadaan..
Ada beberapa jenis teman seperti:

1.    Teman seperti udara.
teman tipe sepeti ini adalah teman yang memberi manfaat besar terhadap diri kamu.  Dialah yang memberikan angin kesegaran dalam menjalakan kehidupan beragama, teman seperti itu akan memberikan keuntungan untukmu dalam urusan dunia,seperti udara yang slalu dibutuhkan kehadirannya. Teman seperti itu layak untuk kamu dekati sebab kehadirannya akan memberikan warna dan menerangi hidup kamu di dunia bahkan sampai mati.

2.    Teman seperti makanan
Teman seperti ini adalah teman yang tidak jauh berbeda dengan teman seperti udara, keduanya sama-sama memberikan manfaat untuk urusan agama,tapi terkadang ia suka membuat kamu terganggu karena sifat dan wataknya yang keras dan membuat kamu jengkel.
Seperti makanan yang terkadang enak, dan tidak enak, berteman dengan tipe ini jangan berlebihan, jangan juga kurang, harus seimbang . jika makan terlalu kenyang kamu akan sakit tapi jika kamu makan terlalu sedikit kamu akan lapar.

3.    Teman seperti obat
Teman seperti ini adalah teman yang secara terpaksa kamu bergaul dengannya, karna kamu dianggap punya manfaat bagi diri kamu, untuk itulah kamu merasa perlu berteman dengannya.
Seperti obat ada rasanya pahit yang tidak disukai, dalam hal ini mungkin watak, karna kebutuhan kamu memilih untuk berteman dengannya. Waspadalah berteman dengan tipe ini jangan berlebihan karna bisa over dosis, bukannya sembuh malah makin menderita. Artinya kamu berteman hanya untuk menghilangkan penyakit yang ada dalam dirimu.

4.    Teman seperti arak
Teman seperti ini adalah teman yang hanya memberikan kesenangan sesaat. Kesenangan bergaul justru sebenarnya membawa kehancuran bagi diri sendiri.
Seperti arak yang membuat mabuk dan lupa segalanya. Dalam kondisi darurat tipe seperti ini di perukan untuk hal-hal tertentu tapi sangat jarang.

5.    Teman seperti bencana
Teman seperti ini adalah teman terburuk yang kamu hindari, karena tidak ada manfaatnya sama sekali, kehadirannya hanya membawa malapetaka dan bencana bagi sekitarnya. Kamu harus menjauhi dan jangan coba-coba berani mendekatinya.

Kamu sudah mengenali tipe teman-teman kamu, mulailah pilih mana yang baik yang dijadikan teman dan mana tang tidak.

0 komentar: