Translate

Tuesday, August 21, 2012

TIPS WAJIB DILAKUKAN SAAT MENGGUNAKAN KOMPUTER

Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal

Serangan virus, worm (malware) ke komputer, penipuan dengan teknik phishing atau spam merupakan ancaman yang sehari-hari jamak terjadi di jaman terkomputerisasi. Maka melindungi data dan komputer pribadi adalah cara terbaik dilakukan untuk meminimalisir ancaman, salah satunya melengkapi komputer dengan software keamanan.

Selain software, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk melindungi data dan komputer, hal-hal sepele yang kadang terlupakan ketika kita surfing di web atau membuka email. Hal-hal yang dimaksud adalah kebiasaan menerapkan berkomputer secara sehat.

Mengapa ini diperlukan? Sebab faktor brainware (manusia) turut berperan penting dalam keamanan cyber, selain memasang software keamanan. Apa sajakah kebiasaan / perilaku yang wajib diterapkan ketika berkomputer/berinternet? Ini dia…

1. ‘Kunci’ komputer saat tidak digunakan
Ketika harus berada jauh dari komputer Anda untuk beberapa saat, misalnya ketika mau makan siang atau ke toilet, apakah Anda meninggalkan komputer dalam keadaan masih login? Jika ya, hati-hati karena data bisa disusupi atau dicuri orang lain. Karena itu atur komputer Anda dalam posisi log-off saat ditinggalkan dan jangan lupa memasang password agar tidak sembarangan orang bisa login ke komputer Anda.

2. Disconnect dari Internet
Kebiasaan sepele lainnya yang sering dilakukan pengguna komputer adalah membiarkan komputernya terhubung ke koneksi Internet broadband secara permanen. Ini berisiko, karena kemungkinan komputer diserang jauh lebih besar terutama jika komputer Anda tidak dilengkapi firewall.

3. Atur settingan keamanan
Atur settingan keamanan sistem operasi Anda, pastikan settingannya sesuai untuk komputer Anda.

4. Cek patch keamanan dan update software
Hampir semua vendor software/sistem operasi populer biasanya menyediakan update dan patch terbaru secara reguler untuk melindungi komputer user dari virus dan celah keamanan tertentu. Pastikan komputer Anda diupdate secara berkala atau kunjungi web vendor terkait untuk mendapatkan download terbaru.

5. Ganti password secara berkala
Ganti password secara teratur, terutama yang dipakai untuk keperluan finansial. Jangan menggunakan password yang sama untuk beberapa account. Jangan menyimpan salinan semua password Anda di komputer, kalau data hilang dan Anda tidak ingat username dan password, maka akan kesulitan mengakses account tersebut.

6. Pakai alat penstabil tegangan
Tegangan listrik yang tidak stabil lambat laun dapat merusak komputer. Pastikan komputer dilindungi dengan alat penstabil tegangan dan matikan komputer jika sedang terjadi petir untuk menghindari adanya korslet.

7. Backup Data
Sisihkan waktu beberapa jam seminggu untuk membackup file dan data pribadi Anda.

8. Jangan sembarangan klik
Selalulah waspada dan hati-hati ketika berinternet, seperti tidak sembarangan membuka attachment email atau mengklik link yang tidak diketahui secara pasti apa isinya. Attachment atau link tersebut bisa saja berisi virus atau program jahat lainnya. Jangan sembarang men-download, kecuali dari situs yang terpercaya, dan baca semua peringatan keamanan, persetujuan lisensi dan privasi terkait software manapun yang Anda download.


0 komentar: