Translate

Wednesday, August 15, 2012

TIPS MUDAH CEGAH VIRUS



 Virus komputer adalah bencana bagi user. Data-data penting mendadak hilang atau susah diakses, padahal belum semua di-back up. Atau lebih parah lagi, komputer Anda sama sekali tak bisa dijalankan, padahal sedang ada pekerjaan penting yang harus diselesaikan. Yang tidak kalah mengancam adalah pencurian data pribadi kita, lalu disalahgunakan oleh penjahat cyber.
Jangan sampai ini terjadi pada kita. Masalahnya, tidak semua user sedang dalam keadaan siap saat bencana itu terjadi. Ada 3 langkah yang bisa segera diambil untuk mengantisipasinya:

1. Instal software antivirus
Sepertinya remeh, dan sering tidak dipedulikan oleh banyak user. Padahal ini cukup ampuh mencegah virus. Baik itu desktop, laptop, netbook, atau tablet, wajib dilindungi oleh program antivirus. Program ini akan melakukan pemindaian terhadap semua file yang kita unduh dari internet, sehingga bisa mengetahui ketika ada virus menyusup. Jangan lupa juga selalu update antivirus ini, sebab siapa tahu ada virus baru yang belum dikenali program yang lama.

2. Jangan sembarang unduh
Walau sudah dilengkapi antivirus, bukan berarti user bebas mengunduh apa saja. Tetap harus waspada untuk tidak sembarang mengunduh data dari internet. Terlebih lagi sering tersedia Wi-Fi gratis yang menggoda, membuat user ingin segera mengunduh program menarik sebanyak mungkin. Hati-hati pada godaan macam itu, sebab bisa jadi program yang diunduh mengandung malware yang belum dikenali antivirus Anda.

3. Waspadai email
Virus atau segala bentuk malware dapat tersebar melalui email. Bisa jadi seolah itu email berasal dari teman baik, keluarga, atau bahkan perusahaan terkemuka. Padahal setelah diklik, mengandung malware berbahaya yang menginfeksi komputer Anda. Waspada selalu dengan datangnya email yang mengandung link atau lampiran untuk diunduh. Coba konfirmasi ke si pengirim apakah dia memang betul mengirimkan data itu.


Demikian tadi 3 langkah yang lumayan bisa mengantisipasi komputer Anda dari serangan virus. Intinya, tetap waspada dan jangan lengah atau mudah percaya. 

0 komentar: