Translate

Thursday, August 9, 2012

MAKANAN YANG BISA MENYEMBUHKAN PENYAKIT MIGRAIN


Wanita lebih sering terserang migrain daripada pria, karena migrain sering berhubungan dengan fluktuasi kadar estrogen. Menurut para ahli, migrain disebabkan oleh perubahan cuaca, aroma yang kuat, stres, kurang tidur, makanan, atau minuman tertentu. Namun, para ahli juga tidak mengetahui persis apa penyebab lainnya. 

Untuk menghilangkan sakit kepala sebelah tersebut, ternyata ada makanan yang bisa mengatasinya. Berikut empat makanan yang dapat meringankan migrain;

1. Ikan
Selain dapat menyehatkan jantung, mengonsumsi ikan juga bisa menghilangkan migrain. Ikan kaya akan omega-3 dan asam lemak EPA dan DHA. Penelitian awal yang dilakukan di Universitas Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat tentang anti-inflamasi, senyawa dalam ikan menunjukkan bahwa lemak ikan yang dibuat menjadi suplemen dapat mengurangi frekuensi serta keparahan migrain selama enam minggu.

2. Kopi
Banyak orang yang tahu bahwa kopi malah membuat sakit kepadala, padahal justru kopi dapat meredakan migrain. Kandungan asetaminofen dan aspirin dalam kafein dapat mengecilkan pembuluh darah yang bengkak di otak. Minumlah secangkir atau dua cangkir kopi saat migrain menyerang Anda.

3. Jahe
Penelitian menunjukan bahwa jahe yang dipanaskan mengandung beberapa senyawa ampuh yang sama dengan obat anti inflamasi. Jahe bisa memblokir zat inflamasi yang disebut prostaglandin. Peneliti memang belum mengujinya secara intensif, tapi jahe dapat mengurangi rasa mual yang sering datang bersamaan dengan migrain. 

Anda dapat menggunakan jahe yang berbentuk bubuk. Saat migrain menyerang, campurkan beberapa sendok teh bubuk jahe ke dalam segelas air, lalu meminumlah setiap beberapa jam untuk membantu meringankan rasa sakit. Jika ingin lebih praktis, siapkan permen jahe kering di saku Anda.

4. Makanan yang Kaya Magnesium
Rendahnya tingkat magnesium dapat membuat otak menjadi lebih sensitif sehingga bisa memicu migrain. Untuk itu, konsumsilah makanan yang kaya akan magnesium, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Normalnya, wanita mendapatkan jumlah magnesium sebanyak 310-320 mg per hari. Sedangkan untuk pria, magnesium yang dibutuhkan kurang lebih 400-420 mg. 

Biji labu bakar menjadi salah satu sumber terkaya magnesium yang memiliki sekitar 151 mg setiap 30 gram. Kacang Brazil juga mengandung 107 mg per 30 gram. Selain itu, almond pun mengandung 78 mg magnesium per 30 gram. Pilihlah makanan sesuai selera Anda yang bisa dijadikan alternatif obat bila mengalami migrain.

0 komentar: