Translate

Friday, August 10, 2012

LIMA REKOR KOMUNITI SHIELD

Tahukah Anda bahwa skor tertinggi dalam sejarah pertandingan Community Shield adalah 8-4? Ada juga seorang penjaga gawang yang pernah mencetak gol dalam laga pembuka Liga Inggris itu.

Demikian dua dari lima rekor menarik ajang Community Shield – sebelumnya disebut Charity Shield -- yang tahun ini digelar di Villa Park, mempertemukan Manchester City dan Chelsea

1.Tim Yang Paling Sering Juara
Manchester United tercatat sebagai tim yang paling sering mengoleksi trofi ini. Dari 28 kali tampil, klub berjulukan "Setan Merah" itu jadi juara 19 kali (termasuk empat kali juara bersama tim lain).

Liverpool menyusul di tempat kedua dengan total 15 kali juara (termasuk 5 kali juara bersama), dari 21 kali bermain di pertandingan tersebut. Arsenal (12) dan Everton (9) menyusul di belakang mereka.

Kontestan tahun ini, Chelsea dan Manchester City, juga sudah pernah juara. Chelsea menang empat kali dari lima "finalnya". Terakhir mereka mendapatkannya di tahun 2009, dan terakhir kalah di tahun 2010.

Adapun City, mereka pernah delapan kali tampil di Community Shield dengan hasil menang tiga kali dan kalah lima kali. Terakhir kali mereka juara adalah di tahun 1975, terakhir tampil tapi kalah adalah di tahun lalu (2011).

2.Skor Terbesar 8-4

Sampai saat ini rekor skor terbesar pertandingan Community Shield adalah 8-4. Itu tercipta dalam laga Manchester United kontra Swindon Town di tahun 1911, atau di edisi kelima ajang tersebut di Stamford Bridge, London.

Harold Halse mencetak enam gol di pertandingan itu, dua gol MU lainnya diukir Turnbull dan Wall. Dari kubu Swindon, keempat gol mereka dibuat Fleming, Wheatcroft, Tout, Jefferson.

Di era moderen, beberapa pertandingan yang memunculkan skor besar antara lain Tottenham Hotspur vs Ipswich Town (1962, 5-1), Manchester City vs West Brom (1968, 6-1), Nottingham Forest vs Ipswich Town (1978, 5-0), Leeds United vs Liverpool (1992, 4-3), dan Manchester United vs Newcastle United (1996, 4-0).



3. Everton paling sering menang berturut-turut
Everton punya rekor tersendiri sebagai tim dengan kemenangan beruntun paling banyak, yakni empat kali, dari 1984 sampai 1987. Salah satunya, di edisi 1986, mereka juara bersama Liverpool. Total The Toffees memenangi Community Shield sebanyak sembilan kali.

Rekor kebalikan adalah Manchester United. Mereka masih memegang rekor sebagai tim dengan kekalahan beruntun terbanyak, yaitu empat kali, dari 1998 sampai 2011. Pada periode itu MU juga memegang rekor sebagai tim dengan penampilan berturut-turut terbanyak, yaitu enam kali, dari 1996 sampai 2001 -- dengan jumlah kemenangan dua kali.


4. Pat Jennings kiper pencetak gol
Dalam sejarahnya, hanya ada satu pemain berposisi penjaga gawang yang pernah mencatatkan namanya di papan skor. Dia adalah kiper legendaris Irlandia Utara, Pat Jennings.

Berdiri di bawah mistar gawang Tottenham Hotspur di pertandingan 1967 melawan Manchester United, ia menendang bola dari tangannya di daerahnya sendiri. Bola terbang jauh, baru memantul di depan kotak penalti MU, dan melewati jangkauan kiper Alex Stepney yang berdiri agak di depan gawangnya.

Pertandingan itu berakhir 3-3, dan kedua klub dinyatakan sebagai juara bersama.


5. Leicester City dan Brighton & Hove Albion
Kedua klub tersebut tercatat sebagai tim-tim yang pernah menjuarai Shield tapi bukan sebagai juara liga ataupun Piala FA. Leicester memenangi edisi 1971 sebagai juara Divisi Dua, sedangkan Brighton jadi juara di tahun 1910 sebagai juara Southern League.



0 komentar: