Translate

Saturday, June 23, 2012

TIPS MENJAGA KESEHATAN MATA


Mata yang cantik dan indah tentunya menjadi dambaan bagi setiap manusia. Namun terkadang tidak semua manusia mendapatkan mata yang sehat. Mengkonsumsi jus wortel bisa menjaga kesehatan mata, namun bila anda tidak suka wortel, anda bisa menggantikanya dengan cokelat hitam. Karena manfaat cokelat hitam juga untuk menjaga mata agar tetap sehat. Jika anda ingin memiliki mata yang sehat, anda harus tau cara menjaga mata agar tetap sehat. Lalu bagaimana menjaganya?...Berikut info selengkapnya.

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang penting karena membantu penglihatan seseorang. Untuk melindunginya agar terbebas dari kerusakan atau penyakit, ada 7 cara yang bisa dilakukan.

Struktur dan fungsi dari mata untuk melihat tidaklah sederhana. Diperlukan kerjasama dari beberapa bagian mata dalam menghasilkan gambar yang nantinya akan dikirim ke otak.

Untuk menjaga dan melindungi mata agar tetap sehat dan terhindar dari gangguan, ada 7 cara yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Foxnews, yaitu:

1. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua
Sayuran yang memiliki daun hijau tua seperti bayam, brokoli atau sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid yang diketahui bisa mengurangi risiko berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Cobalah untuk mengonsumsinya dua porsi sehari, misalnya satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam.

2. Mengonsumsi antioksidan
Makanan seperti berry, jeruk, plum dan ceri membantu meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas (seperti dari sinar matahari dan polusi), serta mengurangi risiko pengerasan lensa yang dapat memicu katarak. Konsumsi antioksidan setidaknya 2 porsi dalam sehari.

3. Mengonsumsi asam lemak omega-3
Bukti menunjukkan asam lemak omega-3 dari ikan tertentu seperti salmon, halibut dan tuna bisa melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering dan mencegah katarak. Konsumsi ikan 2-3 porsi seminggu dan mengurangi daging merah, karena diduga bisa meningkatkan risiko gangguan mata di usia tua.

4. Mengonsumsi wortel
Sayuran garing ini mengandung senyawa beta karoten, yaitu suatu karotenoid yang dapat membantu menjaga mata agar tetap sehat. Senyawa ini juga bisa ditemukan pada labu kuning.

5. Menggunakan kacamata
Sinar UV adalah salah satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Penggunaan kacamata dengan lensa gelap bisa menyaring sinar UV hingga 100 persen saat berada di luar ruangan. Jika tidak ada kacamata, bisa juga dengan menggunakan topi untuk mengurangi paparan sinar UV.

6. Melakukan olahraga
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa latihan aerobik bisa menurunkan tekanan di dalam mata sehingga mengurangi risiko glaukoma. Olahraga yang dilakukan bisa berjalan selama 30 menit sebanyak 3 kali seminggu, jogging, treadmill atau mengambil kelas kebugaran.

7. Mengonsumsi multivitamin
National Eye Institute menunjukkan bahwa vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, beta karoten serta mineral tembaga dan seng bisa memperlambat perkembangan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina dan katarak. Sebelum mengonsumsi suplemen, lebih baik penuhi asupannya dari bahan-bahan alami terlebih dahulu.

0 komentar: