Translate

Wednesday, May 30, 2012

TIPS JAJAN DI INDONESIA

Indonesia merupakan negara yang terkenal akan makanannya, ratusan bahkan ribuan jajanan tersebar di seluruh pelosok tempat dengan bermacam nama dan panggilan untuk setiap jenisnya. Bukan cuma namanya yang beragam, bahkan rasanya pun juga beragam. Dari mulai yang manis, gurih, asam, asin, bahkan pahit (lidah asia cenderung menyukai yang pahit-pahit, khususnya untuk orang berumur.)
Dilain sisi, ada banyak penjual jajanan jalanan yang kurang memperhatikan kebersihan, bahkan Asia akhirnya dikenal sebagai negara yang jajanan jalannya paling besar presentasinya menyebabkan diare.
Untuk bisa menikmati jajanan Indonesia yang enak-enak itu tapi tetap terhindar dari diare, terlebih dahulu kita harus mengetahui trik-trik khususnya terlebih dahulu.
Berikut adalah tips memilih jajanan jalanan:

Perhatikan dengan mata
Indra pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah jajanan itu bersih atau tidak adalah mata. Perhatikan apakah si penjual menjaga kebersihan tangannya? Apakah penjual memisahkan antara makanan yang sudah matang dan yang belum? Apakah penjual mencuci tangan setelah memegang uang?

Cari pedagang dengan pembeli yang berkerumun
Kerumunan artinya jajanan yang dijual enak. Kerumunan artinya pembeli yang sebelumnya pernah mencoba produk tersebut aman dari diare dan kembali membeli jajanannya. Kerumunan bisa kita anggap sebagai rekomendasi dari pembeli yang telah mencoba produk jajanan si penjual jajanan tersebut.

Biasakan bikin pedas jajananmu
Cabe dikenal mengandung zat anti bakteri. Biasakanlah membeli jajanan yang bisa dikonsumsi dengan cabai atau sambel. Tapi harus diperhatikan juga apakah sambal yang digunakan si pedagang bersih atau tidak.

Perhatikan es batu yg digunakan
Selama ini kita tahu bahwa es batu di Indonesia adalah sarang bakteri. Banyak pabrik-pabrik di Indonesia yang menggunakan air mentah sebagai bahan bakunya. Untuk mengakalinya, perhatikan isi es batu, bila es nya jernih, kemungkinan besar itu adalah air mateng, kalau banyak buih dan busa didalamnya, kemungkinan es batu tersebut terbuat dari air mentah

0 komentar: