Translate

Friday, December 16, 2011

BIOGRAPHY GEORGE EASTMAN



Eastaman lahir pada 12 Juli 1854 di Waterville,New York Amerika Serikat. Ayahya  Geogre Washington Eastaman dan ibunya Maria Killbourn mempunyai uasha penitipan anak. Usia 6 tahun Eastaman  dan keluarga pindah Rocherter karena ayahnya menjalankan harus menjalakan sekolah bisnis, namun setelah ¹ tahun, ayahnya meninggal mendadak dan keluarga George jatuh miskin.Goerge di sekolah bukan anak berprestasi menonjol namun memikul tanggung jawab menghidupi keluarganya. Goerge awalnya bekerja sebagai kurir sebuah perusahaan ansuransi, kemudian pindah ke perusahaan ansuransi laind sampai akhirnya menjadi  pegawai arsip. Sembari bekerja Goerge belajar akuntasi pada malam harinya. Usia 24 tahun Goerge diterima bekerja sebagai pegawai junior di Rochester Saving Bank. Pertemuan tak sengaja dengan seorang fotografi telah membawa Goerge menekuni bidang  fotografi  yang membuatnya terkenal dan kaya.  Saat hendak melakukan perjaanan ke Santo Domingo kepulauan Karibia dalam rangka cuti, dengan peralatan fotografi sangat sulit karena ukurannya besar sementara prosesnya belum tentu sempurna seperti sekarang, Goerg ingin bisa mengabadikan perjalanannya lewat foto.
Ketergilaanya pada fotografi membuatnya terus bereksperimen dengan emolusi di laboratorium ibunya. Goerge menemukan resep emulsi untuk fotografi di pelat kering yang di patenkan olehnya. Tahun 1880 dari dana tabungan dan hak patennya oleh fotografi di Inggris, Goerge memulai memproduksi pelat fotografi kering dan menjualnya di sebuah ruang loteng sewaan di Rochester. Dengan dukungan dana dari seorang pengusaha sukses pembuat cambuk kereta kuda, Henry Strong, Goerge memulai kerjasamanya dengan Henry Strong dan saling melengkapi.

Penjualan pelat-pelat kering awalnya berjalan mulus, namun merosot karena adanya kesalahan dalam proses pembuatanya. Goerge melakukan banyak percobaan sebelum menemukan kesalahan dan memutuskan mengganti semua pelat rusak. Berpegang cara berbisnis yang mengutamakan nama baik dan menjauhi kecurangan, ambisi Goerge untuk mempopulerkan fotografi mulai berubah. Ia menemukan dan menyempurkan film, tapi itu baru permulan karena dia juga berusaha membuat sebuah kamera yang kompak dan sederhana. Tahun 1888 Goerge memunculkan kodak sebagai nama kamera ringan dan kompak.tahun 1892 Goerge merubah nama perusahaannya menjadai Eastaman Kodak Company. Tahun 1923 Goerge meluncurkan kamera gambar hidup Cine-Kodak Motion Picture Camera. Dan tahun 1928 Film berwarna kodakcolor pertama di produksi. Dengan berbagai penemuannya yang membuat Goerge tenar dan kaya, dalam kehidupannya Goerge tetap hidup dan dikenal bersahaja dan banyak menyumbangkan hartanya, juga menghargai para karyawannya. Goerge termasuk pengusaha pertama yang membagikan keuntungan perusahaan kepada karyawan serta merancang sistem pensiun karyawan. Sekitar tahun 1930 kesehatan Goerge memburuk setelah mengundang sejmlah teman untuk menyaksikan perubahan surat wasiatnya. 14 Maret 1932, Goerge naik ke lantai atas dan menembak dirinya sendiri.

0 komentar: