Translate

Monday, September 3, 2012

TIPS BEKERJA SECARA MAKSIMAL


profesional dalam melakukan pekerjaan, Anda harus melaksanakan tugas dengan baik dan efektif. Untuk bekerja dengan efektif diperlukan ketelitian dan konsentrasi yang baik pula pada proses pengerjaannya.

Namun terkadang muncul hambatan yang datang disaat sedang serius bekerja. Tips berikut diharapkan dapat membantu Anda untuk dapat bekerja lebih efektif.

1. Atur kembali meja kerja Anda dan tatalah file kerja agar lebih terorganisir. 
Untuk file yang sudah tidak penting lagi, sebaiknya singkirkan dari meja kerja. Meja yang bersih dan file-file yang tersusun rapi akan meningkatkan gairah kerja.

2. Rencanakan apa yang harus Anda selesaikan hari itu juga dan jangan lupa untuk mengatur waktunya. 
Berjanjilah pada diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Hal tersebut akan meningkatkan motivasi diri untuk segera menyelesaikan pekerjaan. Letakkan checklist pekerjaan Anda di tempat yang mudah terlihat.

3. Buatlah skala prioritas pada pekerjaan yang akan Anda lakukan pada hari tersebut. 
Setiap pekerjaan memiliki beban dan tanggung jawab berbeda. Jadi pilihlah pekerjaan yang penting untuk didahulukan.

4. Bila Anda ditugaskan keluar kantor, sebaiknya tugaskan rekan kerja untuk mengambil alih pekerjaan Anda.
 Dengan catatan, bila pekerjaan rekan Anda sedang tidak banyak.

5. Jangan membiasakan diri untuk meninggalkan pekerjaan setengah jadi. Hal ini seringkali membuat Anda malas untuk memulainya kembali dan akan berdampak buruk bagi kinerja Anda.

6. Sebaiknya gunakan komputer atau organizer elektronik untuk menyimpan informasi penting untuk mengurangi penggunaan kertas yang berdampak terjadinya kekacauan pada meja kerja Anda.

7. Hindari terlalu banyak mengobrol dengan rekan kerja, apalagi topik bahasannya tidak penting.
 Kondisi tersebut tanpa disadari akan membuat pekerjaan Anda sering terabaikan.

8. Manfaatkan waktu istirahat dengan makan siang yang bergizi. 
Dengan begitu Anda akan mengembalikan energi Anda sehingga meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

9. Sebelum meninggalkan ruangan kerja untuk kembali ke rumah, sebaiknya Anda merapihkan meja kerja dan buat daftar singkat project apa saja yang akan Anda lakukan besok. Hal ini akan membuat pekerjaan Anda besok lebih efektif.

10. Hindari membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah. 
Saat di rumah Anda perlu beristirahat untuk menyiapkan hari esok. Ingat, tubuh dan pikiran Anda memerlukan waktu untuk istirahat juga. Tanpa istirahat yang cukup, pekerjaan Anda berikutnya pun berisiko tidak terselesaikan dengan efektif.

0 komentar: