Translate

Sunday, August 12, 2012

TIPS TURUNKAN BERAT BADAN HINGGA 500 KALORI SETIAP HATI


Ingin turun berat badan cara sehat? Kurangi 500 kalori dari kebutuhan kalori harian Anda. Bagaimana caranya? Sebelum mengetahuinya, sebaiknya Anda simak dulu fakta-fakta berikut ini.

Dalam sehari, pria dan wanita umumnya memerlukan 2.000 kalori agar tubuh bisa beraktivitas dan berfungsi dengan baik. Untuk wanita yang tidak terlalu aktif, misalnya staf HRD atau akuntan yang lebih banyak duduk di depan komputer kebutuhan kalori bisa lebih sedikit. Yaitu sekitar 1.800 kalori per hari.

"1.800 kalori setara dengan nasi 6-7 sendok, satu mangkok sayur, sepotong daging dan buah yang dimakan tiga kali sehari," jelas Head of Nutrifood Research Center, saat acara 'Be Smart Choosing Your Diet' di fPod, fX Center, Sudirman, Jakarta, belum lama ini.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, cara yang paling tepat dan aman adalah mengurangi 500 dari kebutuhan kalori harian. Apabila dilakukan secara teratur dan disiplin dan diikuti dengan olahraga, berat badan akan turun 0,5-1 kilogram dalam satu minggu. Itu merupakan penurunan berat badan normal dan wajar yang dianjurkan asosiasi kesehatan dunia.

Berapa 500 kalori itu? Mungkin sebagian besar dari Anda membayangkan 500 kalori adalah makanan berat seperti pasta, burger atau nasi lengkap dengan lauk.

Anda mungkin tak menyangka, kalau 500 kalori hanya sebanyak 2 buah donat berlapis gula atau satu gelas besar frappuccino! Sepotong cake red velvet, satu french fries ukuran besar dan dua potong ayam tepung juga mengandung 500 kalori. Ya, makanan yang mungkin terlihat sepele dan tak menggemukkan ternyata menyimpan kalori yang cukup banyak.

"Gantilah camilan tidak sehat dengan camilan sehat seperti buah-buahan, edamame, yoghurt dan roti gandum," jelas Astri Kurniati, S.T. MAppSc, manajer Nutrition and Health Science Department Nutrifood.

Sulit menahan godaan makanan-makanan tersebut? Maka bersiap-siaplah kumpulkan stamina Anda untuk melakukan olahraga dan aktivitas fisik. Untuk membakar 500 kalori yang berlebih, ini aktivitas yang harus Anda lakukan setiap harinya:

- Tari Balet : 111 menit
- Tennis  : 84 menit
- Yoga : 216 menit
- Renang : 77 menit
- Dansa  : 131 menit
- Belanja  : 256 menit
- Lari : 43 menit
- Aerobik : 83 menit

Lebih pilih mana, mengurangi camilan manis, berkalori tinggi dan berlemak atau olahraga keras?

0 komentar: