Translate

Friday, August 3, 2012

TIPS PRAKTIS MERAWAT KAMERA


Kamera merupakan perangkat yang membutuhkan penanganan khusus dalam hal perawatannya. Kamera yang tidak terawat akan berakibat pada tidak maksimalnya kualitas gambar (foto) yang dihasilkan. Berikut ini adalah tips praktis dalam merawat kamera:

1. Apabila tidak dipakai – dalam jangka waktu lama – letakkan kamera pada tempat penyimpanan khusus. Hindari meletakkan kamera di almari pakaian dengan kapur barus maupun pengharum pakaian lainnya.

2. Apabila belum memiliki tempat penyimpanan khusus, Anda dapat menggunakan toples atau tempat-tempat transparan lainnya yang memungkinkan masuknya cahaya dari luar. Hal ini akan menghindarkan kamera dari kelembapan (density) yang berlebihan.

3. Untuk lebih mengamankan kamera Anda dari ‘ancaman’ kelembaban dan timbulnya jamur pad lensa, Anda dapat menambahkan silica gel – dapat diperoleh di toko-toko besi.

4. Hindarkan kamera dari sengatan cahaya matahari langsung, karena hal ini dapat merusak beberapa komponen dari kamera, terutama yang terbuat dari plastik atau karet.

5. Gunakan tas khusus kamera guna menghidarkan dari guncangan dan benturan yang dapat merusak kamera. Apabila belum memungkinka, Anda dapat menggunakan Tas punggung (backpack) – yang biasanya memiliki beberapa pelindung spons di bagian dalamnya.

6. Bersihkan lensa kamera secara periodik menggunakan tissue khusus dan jangan menggunakan sembarang kain.

7. Gunakan penium (blower) untuk menghilangkan debu pada komponen-komponen kamera bagian dalam.

8. Pada jenis kamera digital, lepas baterai lithium apabila lama tidak Anda pergunakan. Hal ini akan memperpanjang usia baterai lithium Anda.

9. Untuk jenis kamera digital yang menggunakan layar display (LCD) di bagian belakang, pasangkanlah screen guard untuk menghidarkan layar display dari goresan.

10. Untuk jenis kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflect), pasangkanlah filter pada bagian depan lensa kamera Anda, setidaknya filter UV (ultra-violet) agar lensa kamera tidak ‘menganga’ dari debu dan kotoran, yang mengakibatkan ada menurunnya kualitas gambar foto yang diambil.

0 komentar: