Translate

Tuesday, August 21, 2012

TIPS MERAWAT PONSEL PINTAR ANDROID

Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal

Demam ponsel pintar berbasis Android lumayan melanda kalangan pehobi teknologi. Dapat dikatakan ini adalah ponsel yang cukup andal. Bagaimana tidak, dengan peranti mungil ini kita dapat menjelajah dunia maya, berkomunikasi dengan teman-teman Facebook dan Twitter di manapun dan kapanpun.
Sering terjadi, ponsel pintar Android yang kita beli berjalan lebih lambat dibanding saat kita coba di toko, terutama setelah dipakai beberapa bulan. Bagaimana agar ponsel pintar ini tetap pintar dan tidak lemot? Tentunya butuh perawatan yang rutin.
Apa saja yang harus dilakukan untuk merawat ponsel pintar Android? Berikut ada beberapa tips sederhana:

1. Hapus cache
Pernah menalami aplikasi crash? Daripada harus menghapus lalu mengintal ulang, coba bersihkan cache-nya. Langkah simple ini akan membantu mencegah terjadinya crash pada aplikasi dan tidak akan memunculkan problem baru. Cara menghapus cache adalah dengan membuka menu Setting pada ponsel, klik Applications, lalu pilih Manage Application, tap aplikasi yang mengalami crash. Data akan tetap aman, hanya Anda akan mengalami kesulitan sementara saja untuk mengakses beberapa file.

2. Uninstal aplikasi
Ada kalanya sebuah aplikasi terinstal secara tidak sempurna, sehingga memicu masalah pada ponsel pintar. Masalah itu bisa mengganggu proses penyimpanan data kritikal dalam kartu memori, atau ada notifikasi yang tak bisa dihilangkan. Coba uninstall atau hapus aplikasi yang tidak terlalu penting, dan jarang dipakai. Dengan begitu akan meringankan beban ponsel, dan lebih banyak ruang tersedia untuk menyimpan data lain.

3. Bersihkan kartu memori
Langkah ini tidak akan membuat performa ponsel langsung membaik, tapi cukup masuk akal untuk menghapus file yang sudah tak terpakai. Bisa pakai program DiskUsage untuk mengetahui aplikasi atau file apa yang paling memakan ruang di kartu memori.
Membersihkan kartu memori sebaiknya dilakukan setelah uninstall sebuah aplikasi, sebab beberapa aplikasi masih meninggalkan folder data walau sudah dihapus. Jika ponsel sudah di-root, unduh SD Maid untuk menghapus file sampah secara otomatis.

4. Lakukan root pada ponsel
Jika tak keberatan kehilangan garansi ponsel, maka disarankan untuk melakukan root pada ponsel pintar Anda.  Tindakan ini membuat Anda memiliki kontrol penuh pada ponsel. Anda dapat menghapus beberapa bloatware atau aplikasi tak penting yang sudah dibenamkan pada ponsel Android, dan hanya menginstal aplikasi penting saja. Manfaat lain dari rooting adalah Anda tak lagi tergantung pada pihak penjual untuk melakukan update Android. Tapi rooting harus dilakukan hati-hati, sebab jika terjadi kesalahan dapat membuat ponsel Anda tak bisa dipakai.

0 komentar: