Translate

Thursday, August 2, 2012

TIPS MENGUASAI SPESIFIKASI DASAR KAMERA DIGITAL


Saat ini kamera digital (digital camera) sudah menjadi sebuah ‘barang biasa’ di kalangan masyarakat, tidak saja karena praktis dalam pengoperasiannya -tanpa penggunaan film dan menawarkan automatic mode- juga bentuknya yang catchy serta harganya yang semakin terjangkau. Pada dasarnya kamera digital terdiri atas jenis Digital Single Lens Reflect (DSLR) dan jenis digital pocket, namun secara garis besar keduanya memiliki kesamaan dalam hal spesifikasi umumnya. Berikut ini Tips praktis bagi Anda yang akan membeli kamera digital, untuk mengenal sekaligus menguasai spesifikasi dasar pada kamera digital:

1. Megapixel (mps) ini menunjukkan resolusi gambar yang bisa dihasilkan. 
Semakin tinggi pixel-nya, gambar yang dihasilkan juga bisa semakin detail (resolusinya semakin tinggi). Sebetulnya, 4.0 megapixel sudah cukup untuk menghasilkan gambar yang baik. Bahkan 2.0 dan 3.0 megapixel pun sudah lumayan untuk bertukar foto via e-mail. Hasil gambar dari kamera dengan resolusi 4.0 megapixel sudah mengakomodasi kebutuhan cetak foto ukuran 12R dengan kualitas bagus dan tajam (tidak pecah), kecuali Anda akan mencetaknya seukuran baleho di pinggir jalan!

2. Zoom. 
Untuk penggunaan biasa-biasa saja, sebenarnya fitur ini tak terlalu perlu, tapi bagus juga kalau ada. Kamera dengan 3.0 x zoom cukup standar, sementara 4.0 x zoom bisa lebih leluasa.

3. Baterai. 
Banyak kamera hanya bisa menggunakan baterai tertentu saja. Itu artinya, Anda tidak bisa sewaktu-waktu menggantinya dengan bater AA yang lebih mudah di dapat di banyak supermarket -meskipun Anda tetap bisa men-charge-nya kembali. Berdasarkan pangalaman, ketika saya masih menggunakan kamara Single Lens Reflect (SLR) tipe Nikon seri F-801 saya mengalami kerepotan ketika baterainya (lithium) ngadat di saat hunting, akhirnya atas pertimbangan tersebut, saya menggantikannya dengan tipe Nikon seri F-601 dengan baterai model AA -yang mudah ditemui penjualnya.

0 komentar: