Translate

Monday, August 6, 2012

TIPS MENGATASI HANDPHONE MASUK AIR



Handphone tercebur air belum pasti akan rusak dan mati total,  bila anda mengikuti tips berikut.

Pernahkah anda mengalami kejadian disaat handphone tersiram ataupun tercebur kedalam air? Secara refleks mungkin anda buru-buru melapnya dan seringkali langsung menggunakan hairdryer untuk mengeringkannya.

Namun mengeringkan HP dengan hairdryer sangat tidak disarankan. Loh kenapa? Ini dikarenakan hawa panas hairdryer dapat merusak komponen elektronik yang ada dalamnya. Tapi jangan panik terlebih dahulu, karena ada kemungkinan handphone masih bisa diselamatkan bila mengikuti ‘tips jika handphone terkena air’ berikut.

1. Matikan handphone
HP kena air, Matikan dan jangan langsung hidupkan hp, karena bila bandel tetap dihidupkan maka komponen elektronik didalam hp dapat korslet dan membuat handphone mati selamanya.

2. Lepaskan Baterai, Sim Card, dan Memory card
Lepaskan semua bagian handphone yang dapat dilepas. Apabila HP terkena cairan seperti kopi, soda, air laut, dll maka rendam handphone kedalam air ataupun cairan alkhohol supaya tidak muncul karat.

3. Keringkan HP
Keringkan semua komponen handphone dengan mesin kompressor udara atau penghisap debu.

4. Taruh handphone didalam beras
tips bila hp terkena air, Sediakan plastik berisi beras lalu taruh hp, baterai, memory card kedalamnya selama 1-2 hari. Ini dilakukan supaya air yang tersisa diserap oleh butiran-butiran beras.

5. Nyalakan HP
Setelah 1-2 hari, pasang kembali semua bagian handphone lalu cass baterai dalam keadaan HP mati. Nyalakan handphone.

“Tips handphone masuk air” ini memiliki kemungkinan berhasil sebesar 30%. Persentase keberhasilan dapat lebih besar / kecil tergantung dari kondisi HP, lamanya hp terkena air, dan tentu saja keberuntungan. :)

0 komentar: