Translate

Friday, August 10, 2012

TIPS JENIS MAKANAN YANG MAMPU MENINGKATKAN STAMINA

Jika Anda aktif dan rutin berolahraga, stamina yang kuat sudah pasti harus dijaga. Bukan dengan minuman energi atau sports drink, tapi dengan makanan yang tepat. Orang yang aktif berolahraga tidak hanya membutuhkan makanan yang memberikan energi tapi juga membuat perut terasa kenyang sepanjang hari. Ini dia makanan dan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan stamina, seperti dikutip dari iDiva.


1. Nutrisi Esensial
Nutritionist Smruti Gokhale menyebut ada empat nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan energi dan stamina tubuh. Keempat nutrisi tersebut adalah karbohidrat kompleks, Vitamin C, protein dan zat besi. Makanan apa saja yang kaya akan keempat nutrisi ini? Klik next untuk mengetahuinya.





2. Oatmeal



Oatmeal merupakan karbohidrat yang tidak mengalami banyak proses pengolahan dan dicerna tubuh secara perlahan. Oleh karena itu, Anda akan merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan mengonsumsi nasi putih, mie atau roti tawar. Selain itu, oatmeal dan nasi merah serta jenis karbohidrat kompleks lainnya juga menjaga tingkat gula darah tetap stabil dan optimal.






3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti polong, kedelai, kacang merah, buncis dan kacang panjang kaya akan mineral dan zat besi yang membantu tubuh menghasilkan sel darah merah. Sel-sel ini berfungsi mengantarkan oksigen menuju otot ketika Anda berolahraga dan membantu membangun stamina.








4. Kopi
Kopi telah lama dikenal sebagai penyedia energi secara instan bagi tubuh. Minuman berkafein ini juga membantu melawan kelelahan sekaligus memicu sistem syaraf pusat sehingga membuat Anda berenergi dan aktif sepanjang hari. Pilih kopi hitam tanpa gula, selain meningkatkan stamina juga bermanfaat sebagai fat burner saat berolahraga.








5. Sayuran Hijau
Sayur berdaun hijau seperti bayam, sawi, kailan, pok choy atau selada diperkaya dengan micronutrient yang penting untuk membangun stamina dan juga meningkatkan jumlah sel darah merah. Selain itu sayuran hijau juga tinggi serat dan lama dicerna, membantu tubuh menjaga kadar gula dalam darah.






6. Pisang
Pisang merupakan salah satu sumber energi yang baik dan paling tepat dikonsumsi beberapa jam sebelum olahraga. Selain mengandung karbohidrat sehat, pisang juga memicu pelepasan dopamine --senyawa kimia yang membuat Anda lebih fokus dan konsentrasi.





7. Selai Kacang

Kacang tanah mengandung asam lemak Omega-3 yang membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan kesehatan jantung dan fungsi otak. Oleh karena itu, selai kacang juga bagus untuk meningkatkan stamina. Kalorinya tinggi tapi memerlukan waktu lama untuk dicerna sehingga pelepasan energi pun berlangsung secara perlahan. Konsumsilah selai kacang dengan roti gandum.




8. Daging Sapi, Ikan & Ayam Tanpa Lemak
Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, serta pembentukan dan perbaikan otot. Di samping itu, daging memerlukan waktu lama untuk dicerna sehingga Anda merasa kenyang dan tetap segar beraktivitas seharian penuh.







9. Anggur Merah
Anggur merah mengandung resveratol yang berfungsi meningkatkan energi. Buah ini juga mengandung sedikit gula yang memberi Anda energi instan untuk membangun stamina.







10. Jus Bit

Mengonsumsi segelas jus bit sebelum berolahraga akan membuat tubuh Anda aktif selama beberapa jam tanpa terasa lelah. Alasannya, buah bit kaya akan vitamin A dan C yang membantu meningkatkan stamina dan mengurangi kelelahan

0 komentar: