Translate

Monday, August 20, 2012

TIPS JADIKAN BLOG MENARIK DAN POPULER


Setiap Blogger pastilah menginginkan blognya menarik, tapi memang tak semudah seperti membuat blognya. Membuat blog yang menarik dan populer lebih sulit dibanding dengan sekedar hanya membuat blog. Inilah sebabnya banyak blog yang tak terurus (dibiarkan) saja oleh pemiliknya. dengan pengelolaan yang serius dan terus menerus, siap-siaplah untuk mendapatkan blog kita menjadi populer, menarik, dan akhirnya menguntungkan bagi kita.


Update Blog dengan Rutin
Selain untuk menjaga loyalitas pembaca, update rutin ini akan membuat blog kita bisa tampil secara reguler di mesin pencari internet. Blog Anda pun akan makin populer. Buatlah jadwal pengelolaan blog dan patuhilah semaksimal mungkin. Namun karena blogging membutuhkan waktu dan usaha, jangan membuat jadwal yang berlebihan. Cukup luangkan waktu sejenak setiap hari untuk mengurusi blog kita. Hal ini karena jika kita terlalu lama membiarkan blog terbengkalai, pembaca bisa kabur ke blog lain dengan topik sejenis.

Buat Konten yang Jelas dan Mudah Dimengerti
Buatlah postingan yang jelas dan mudah dimengerti pembaca awam. Tak semua hal harus dijelaskan dalam kalimat-kalimat panjang karena malah bisa membingungkan. Kadangkala, penjelasan yang singkat dan sederhana justru bisa mengena.

Gunakan Judul yang Menarik
Buat judul posting-an yang seatraktif mungkin sehingga menarik perhatian pembaca. Namun jangan pula membuat judul yang terlalu berlebihan sehingga keluar konteks. Hal ini justru bisa membuat pembaca menganggap blog Anda hanya mengandalkan sensasi saja.

Fokus pada Satu Topik Bahasan
Konten sebuah blog sebaiknya berfokus pada satu tema bahasan yang menarik dan bermanfaat. Pembaca akan tertarik jika kita punya topik bahasan yang jelas dan khusus. Hal ini akan menciptakan jaringan pembaca yang loyal bagi blog kita.

Buat Seinformatif Mungkin
Buat blog kita seinformatif mungkin, misalnya dengan terus menampilkan berita terkini tentang topik blog kita. Usahakan untuk menampilkan fakta-fakta yang terpercaya dan tampilkan opini yang berkualitas. Jagalah tulisan kita sebaik mungkin dan berikan hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca.
Jangan Tampilkan Informasi Basi
Sangat penting untuk menampilkan informasi terkini secara akurat. Menulis tentang suatu hal yang terjadi pada waktu lampau bisa mengurangi reputasi blog Anda kecuali topik tersebut benar-benar istimewa dan berkaitan dengan kejadian masa sekarang.

Pentingnya kuantitas
Pastikan untuk mengarsip semua postingan blog kita untuk menciptakan sebuah portal internet yang kaya konten. Selain memantapkan keberadaan blog kita, hal ini akan berpengaruh terhadap tampilnya blog kita di mesin pencari Internet.

Cermati Tulisan Sebelum Di-posting
Ingatlah bahwa apapun yang kita publikasi di internet bisa dibaca begitu banyak orang. Karena itu, agar terhindar dari masalah, cermati benar apa yang kita tulis sebelum di-posting di blog. Teliti pula agar jangan sampai ada salah kata ataupun salah ketik yang mengganggu.

Pakai RSS (Really Simple Syndication)
RSS akan meningkatkan jangkauan blog kita di dunia maya. Menyertakan blog kita dalam RSS feed akan memperluas pembaca dan distribusi blog kita di Internet.
Semoga tips-trik untuk membuat blog kita menjadi lebih populer dan menarik tersebut dapat menginspirasi kita semua.

0 komentar: