Translate

Saturday, August 4, 2012

TIPS CERDAS MEMBELI BARANG BEKAS


Mencari barang-barang bekas memang gampang-gampan-susah. Kalau beruntung Anda akan mendapatkan barang dengan kualitas bagus dengan harga murah, namun kalau Anda tidak beruntung, alih-alih mendapatkan barang bagus, harga pun juga tidak jauh berbeda dengan harga baru dengan kualitas yang mengecewakan. Berikut ini Tips cerdas membeli barang bekas:
1. Cari Info. 
tentukan dulu barang yang ingin dibeli, lalu cari info tempat yang tepat untuk mendapatkan barang tersebut. Sebaiknya, tanya-tanya juga pada teman yang pernah belanja di sana, biar tahu trik dan aturan tawar menawarnya.

2. Survey Harga.
 Cari tahu harga barang baru yang Anda akan beli dengan berbagai merek. Tidak lucu kan, kalau belakangan Anda baru tahu bahwa selisih barang baru dan barng bekas cuma Rp. 1000,-.

3. Dandan Minimalis. 
Dandanan Anda saat belanja barang bekas sudah pasti harus berbeda ketika dengan dandanan Anda ketika akan pergi ke mall. Kalau belanja di garage sel, masih boleh dandan cakep. Tapi kalau ke pasar barang bekas, cukup pakai jeans dan kaos obling dengan wajah tanpa makeup dan rambut ditata sederhana (misalnya: untuk cewek, dikuncir kuda). Semakin keliahatan bokek semakin bagus.

4. Awas Copet. 
Tempat ramai penuh dengan orang bersedak-desakan biasanya jadi lokasi favorit para penguntit dan pencopet.Kalau sampai kehilangan uang karena dicopet, sedangkan Anda mau belanja barang bekas karena berniat ngirit, kan, ironis banget. Makanya, tetap waspada dengan barang bawaan sendiri, terutama barang berharga seperti dompet dan ponsel. Siapkan siku Anda, jadi kalau ada yang mencurigakan tinggal disikut.

5. Bersama Teman. 
Bersatu akan lebih seru. Memang paling seru kalau pergi bersama teman-teman. Selain bisa saling memberi saran, Anda juga mendapat lebih banyak barang. Bahkan, selesai belanja Anda bisa saling lirik kantong belanja serta siapa yang dapat barang paling keren dan murah.

6. Menawar Harga. 
Jangan langsung setuju dengan harga per4tama yang ditawarkan penjual (biarkan menurut Anda sangat murah). Demi kepuasan hati dan agar tidak menjadi korban penipuan, nada harus tega dan berani menawar. JAngan lupa siapkan uang tunai -lupakan penggunaan kartu kredit.

7. Wajib Teliti. 
Namanya juga barang bekas, pasti sudah tidak sebaik barang baru. Meskipun demikian, lihatlah aoakah kekurangannya masih bisa Anda tolerir. Untuk produk fashion cek bagian-bagian ‘rawan’, seperti jahitan ketiak, segitiga bawah, atau di leher (kecuali suka model kerah buluk).

8. Dijual Lagi. 
Baju bekas yang Anda beli ternyata tidak cocok? Atau semata-mata butuh modal untuk cari koleksi barang bekas lain? gampang, jual saja lagi! Buka saja garage sale di rumah Anda untuk menjualnya.

0 komentar: