Translate

Wednesday, August 8, 2012

MACAM-MACAM NYERI TUBUH YANG TAK BISA DI ABAIKAN


Pasca berolahraga atau melakukan aktivitas yang intens maupun dalam waktu yang lama, biasanya Anda akan merasakan nyeri di titik-titik tertentu pada tubuh.

Masalahnya, terkadang nyeri-nyeri ini seringkali diabaikan karena Anda merasa itu tak terlalu berbahaya, takkan menimbulkan efek samping atau bisa diobati dengan mudah. Tapi jangan salah! Sejumlah nyeri justru merupakan salah satu gejala gangguan kesehatan serius.

Untuk lebih jelasnya, ini dia 7 jenis nyeri yang dirasakan di tubuh namun seringkali diabaikan dan bagaimana cara mengatasinya seperti dikutip dari menshealth.

1. Nyeri di selangkangan
Biasanya nyeri yang datang mendadak ini disertai dengan pembengkakan di sekitar selangkangan.
Kondisi:
Nyeri ini biasa disebut dengan testical torsion (nyeri buah pelir). Normalnya, testis seorang pria melekat pada tubuh dengan dua cara: lewat spermatic cord yang berasal dari perut dan jangkar berdaging dekat skrotum.
Namun terkadang bayi yang mengalami cacat bawaan umumnya tidak memiliki jangkar tersebut. Hal ini memungkinkan salah satu spermatic cord untuk terbelit dan memotong aliran darah ke testis.
"Jika bisa diatasi dalam waktu 4-6 jam maka Anda biasanya masih bisa menyelamatkan testisnya, namun setelah 12-24 jam, bisa jadi Anda kehilangan testis," ungkap Jon Pryor, MD, pakar urologi dari University of Minnesota.
Penyebab nyeri lainnya adalah terjadinya infeksi pada epididimis atau tempat penyimpanan sperma Anda.
Diagnosis:Pemeriksaan fisik dan bisa juga diikuti dengan ultrasound serta konsumsi antibiotik untuk melumpuhkan infeksinya. Namun jika testis Anda sudah terpelintir maka dokter bedah akan meluruskan cord-nya kembali lalu membuat jangkar buatan di dekat skrotum.

2. Nyeri punggungKompres panas
 istirahat dan obat pereda nyeri yang bebas dijual di apotek tak lagi bisa meredakan nyeri punggung semacam ini.
Kondisi:"Jika bukan karena olahraga, nyeri punggung parah dadakan ini bisa jadi merupakan gejala aneurisme," ujar Sigfried Kra, MD, profesor dari Sekolah Kedokteran Yale. Yang paling bermasalah adalah aneurisme perut, kondisi melemahnya aorta tepat di atas ginjal.
Kemungkinan lain yang tidak begitu berbahaya adalah Anda mungkin memiliki batu ginjal namun rasa nyerinya akan lebih parah.
Diagnosis:CT scan dengan menggunakan intravenous radiopaque dye bisa mengungkapkan ukuran dan bentuk aneurismenya. Sekali dimensinya bisa ditentukan, kondisi ini dapat diatasi dengan obat-obatan tekanan darah atau operasi implan cangkok sintetis.

3. Nyeri kaki atau tulang kering 
Nyeri yang tak berkesudahan di atas kaki atau di depan tulang kering yang semakin parah saat Anda berolahraga bahkan hingga waktunya Anda beristirahat. Pereda nyeri seperti ibuprofen dan acetaminophen pun tak mempan.
Kondisi:Bisa jadi ini adalah fraktur stres. Sama halnya dengan jaringan lain di dalam tubuh, tulang juga beregenerasi dengan sendirinya.
"Namun jika Anda berlatih terlalu keras hingga tulang tak mendapatkan kesempatan untuk menyembuhkan dirinya sendiri maka akan muncul fraktur stres," terang Andrew Feldman, MD, salah satu dokter tim hoki New York Rangers. Lama-kelamaan tulang bisa melemah secara permanen.
Diagnosis:Radioactive dye akan mengungkap fraktur dengan sinar X dan Anda akan diminta untuk menghentikan segala aktivitas olahraga hingga fraktur tersebut sembuh. Lebih buruk lagi, Anda bisa saja digips selama beberapa minggu.

4. Nyeri perut yang tajam
Kondisi:Karena area diantara tulang rusuk dan pinggul Anda sarat dengan berbagai organ, nyerinya bisa jadi merupakan gejala apendiksitis, pankreatitis atau radang empedu. Dalam ketiga kasus tersebut, penyebabnya sama: sesuatu telah menghalangi organ yang bersangkutan sehingga berpotensi menyebabkan infeksi fatal. Segeralah pergi ke dokter sebelum organ Anda benar-benar meledak dan membunuh Anda.
Diagnosis:Jika nyerinya berada di perut bagian kanan bawah dan jumlah sel darah putih Anda naik maka itu bisa berarti apendiksitis, kata Dr. Kra.
Nyeri di perut bagian atas dengan jumlah sel darah putih yang tinggi juga biasanya merupakan gejala radang empedu.
Namun jika nyerinya di bawah tulang dada dan enzim-enzim tertentu di dalam darah Anda meningkat, maka pankreatitis-lah penyebabnya.

5. Nyeri dada sementara
Nyerinya mudah datang secara mendadak tapi sangat menyakitkan lalu bisa pergi secepat mungkin. Selain itu, Anda akan terlihat baik-baik saja.
Kondisi:Nyeri ini mungkin merupakan gangguan pencernaan biasa atau bahkan bisa juga serangan jantung. "Meskipun durasinya sangat pendek namun ini bisa jadi gejala sesuatu yang serius," tandas John Stamatos, MD, direktur medis North Shore Pain Services di Long Island dan penulis buku Painbuster.
Kemungkinan lainnya yang serius adalah pembekuan darah yang mungkin telah bersarang di arteri koroner yang menyempit dan menghambat jalannya aliran darah ke jantung.
Anda tak boleh menunggu sampai terjadi sesuatu. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa 50 persen kematian akibat serangan jantung terjadi 3-4 jam setelah gejala pertama muncul.
Diagnosis:Tes darah bisa memperlihatkan gejala kerusakan jaringan jantung. Anda juga dapat menjalani operasi angioplasty (pelebaran arteri yang menyempit) dan operasi bypass.

0 komentar: