Translate

Wednesday, August 17, 2011

ENERGI DALAM MEMBACA


Kita semua tau membaca itu penting banget. Tapi hanya sedikit orangIndonesia yang menjadikan membaca sebagai kebiasaan atau gaya hidup, berbeda dengan orang-orang Jepang, Amerika, Perancis, Inggris, dan negara-negara maju lainnya, dimana membaca sudah menjadi gaya hidup. Menurut survei yang dilakukan UNESCO, minat baca penduduk Indonesia masih jauh di bawah negara-negara maju, bahkan ketinggal dengan di bandingkan negara-negara Asia lainnya. Sayang banget kalau kita selalu tertinggal hanya karena gak suka baca, which is actualy fun!
1.      Baca=makin cerdas
Cara paling sederhana untuk jedi smart adalah dengan membaca. Jadikan membaca sebagai kebiasaan setiap hari, maka otak kita akan terasah sehingga makin tajam, makin kritis, membuka wawasan baru, dengan demikian suka membaca otomatis mengupgrade kecerdasan.
2.      Baca=berguru sama orang-orang terkenal
Membaca membantu kita tidak saja memperdalam pengetahuan kita melainkan juga berguru dengan orang-orang terkenal seperti Jhon C. Maxwell, kita belajar banyak soal tentang kepemimpinan. Buku-buku dari Robert Kiyosaki yang membuat kita belajar tentang keuangan. Membaca buku-buku motivasi serasa bertemu dengan motivator kelas internasional secara langsung. Jadi gak ada ruginya kalau kita jadikan membaca jadi gaya hidup kita..
3.      Baca=belajar otodidak
Jalan-jalan ke toko buku atau perpustakaan serasa datang ke pasar ilmu, karena hampir semua hal yang ingin kita tau ada disana. Dengan kita membaca kita gak harus menempuh jalur pendidikan formal, kalu mau menekuni satu bidang, cukup dengan membaca kita bisa mendapatkan ilmu dengan lebih murah, lebih fleksibel mengatur waktu dan lebih menantang, bukan begitu..?
4.      Baca=refreshing
Buat orang-orang yang sudah terkena “Candu Buku” baca gak akan jasi bosenin. Kalau sudah jadi hobby, baca jadi sesuatu yang menyenangkan seperti refreshing. Memnbaca itu banyak unsur menghiburnya. Dengan membaca kita bisa pergi kemana saja tanpa dibatasi oleh dimensi ruang dan waktu. Membaca akan memberikan kesempatan kepada kita untuk berangan-angan, berimajinasi, dan berfikir secara luas.
5.      Baca=kebiasaan orang-orang sukses
Sebagian besar orang sukses mempunyai kebiasaan membaca dan punya perpustakaan pribadi dengan berbagai buku yang bisa memperkaya pikiran mereka. Meski punya banyak uang, pembantu, kekuasaan, tapi membacalah yang dapat mengasah pikiran mereka menjadi lebih tajam, kreatif, lebih smart. Hal ini menjadi kunci keberhasilan mereka.
Kalau mau sukses biasakanlah diri untuk membaca . OKE J 

0 komentar: